Selasa, 21 Februari 2012

Sunshine Becomes You a Book Review


Penulis: Ilana Tan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit: Januari 2012
Halaman: 432 hlm
ISBN: 9789792278132

Sinopsis:
Ini kisah yang terjadi di bawah langit New York... Tentang harapan yang muncul di tengah keputusasaan... Tentang impian yang bertahan di antara keraguan... Dan tentang cinta yang memberikan alasan untuk bertahan hidup.
Awalnya, Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu-malaikat kegelapan yang membuatnya cacat. Kemudian Mia Clark tertawa, dan Alex bertanya-tanya bagaimana dia bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapan.
Awalnya, mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga. Kemudian Alex Hirano tersenyum, dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai-sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.


My Review:

Alex Hirano harus menerima jika pertemuan pertamanya dengan gadis bernama Mia Clark itu akan menjadi bencana bagi karir pianisnya. Jadwal sepanjang tahun harus dia batalkan karena tangannya harus dibebat setelah gadis itu terguling dan menubruknya. Membuatnya cacat, begitu Alex selalu mengungkit masalah. Sementara Mia adalah seorang gadis yang penuh perasaan bersalah, dan tulus ingin membantu. Guru tari di sekolah tari di New York itu menawarkan waktu-waktunya yang berharga untuk membantu Alex di rumahnya, ya sebagai pengurus rumah dan pembantu. Setidaknya begitulah kesepakatan yang mereka jalani. Mia menawarkan bantuan sukarela namun dia tidak tahu dengan siapa dia berurusan. Alex, si pangeran es ini cukup memperlakukannya dengan tidak baik namun ternyata benih lain mulai tumbuh di antara mereka.

Itu diawali saat Alex melihat tarian Mia di sekolah lamanya, Julliard. Mereka tidak tahu jika dulu mereka satu almamater. Saat itu Alex terpesona pada malaikat kegelapannya. Namun dia sadar, jika Ray Hirano, adiknya itu juga mengincar gadis bermata hitam itu.
Cinta tumbuh di antara Alex dan Mia, begitulah jadinya. Namun di tengah derita penyakit jantungnya Mia ingin menyembunyikan hal itu dari Alex karena dia tidak ingin mengkhawatirkanya, hingga Alex menemukan sendiri jika ternyata gadis yang sudah membuatnya jatuh cinta pada kopi buatan Mia itu mengidap penyakit jantung. Saat Mia memutuskan untuk kembali ke panggung pertunjukan, Alex sangsi karena kondisi Mia yang tidak baik. Namun itu mimpi Mia seumur hidupnya dan dia memilih, dia sudah memilih.

Serangan itu terjadi setelah pertunjukan selesai. Serangan yang membuat Mia harus dirawat intensif di rumah sakit. Saat itulah menjadi hal yang paling memilukan, Mia ingin menghindar dari Alex karena tidak ingin menambah beban pria itu. Namun Alex tidak bisa hidup tanpa berada di sisi Mia. Dan maut yang harus memisahkannya. Lagu yang Alex buat tatkala dia ingat pada Mia, Sunshine Becomes You, adalah lagu yang mengingatkannya tentang cahaya matahari dan rumput hijau saat pikirannya tertuju pada Mia.


I’d like to apriciate Ilana Tan who paint a lot of colours here, in her fifth novel, Sunshine Becomes You. It’s been always surprising since her writing has proven that imagination and words combined into a bundle of amazing papers. Ilana Tan selalu membawa pembacanya ke alur cerita yang melankolis dan lembut. Tidak membuat pembacanya bosan di tengah karena pengantarnya sudah menarik pembacanya dan mungkin meski endingnya sudah tertebak, tetap saja akan ada senyum dan airmata yang mengakhiri lembaran novelnya ditutup. Kisah Alex Hirano dan Mia Clark bukanlah ide cerita yang spesial. Mereka bertemu, membenci, jatuh cinta dan salah satu harus meninggalkan salah satunya. Namun, sekali lagi dengan balutan setting dan diksi kata yang membuat pembaca tidak pernah merasa jenuh membuat semuanya terbaca dengan spesial. Namun saya lebih menyukai Autumn in Paris karya dari tetralogi 4 Musim karya Ilana Tan. Kisah Alex dan Mia di Sunshine Becomes You tidak sememilukan Autumn in Paris yang membuat saya menitikan airmata hingga halaman terakhir 4 of 5 stars to Sunshine Becomes You.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar