Sabtu, 21 Januari 2012

Review Cover Remember When


Novel: Remember When
Penulis: Winna Efendi @winnaefendi
Penata Letak: Wahyu Suwarni
Desain Sampul: Dwi Anissa Anindhika @A_n_e_e_s_y
Penerbit: GagasMedia @GagasMedia

Well, ini cover novel akan saya review. Kalau biasanya reader mereview isi buku, saya ingin mereview cover/sampul dari novel dan buku-buku sebagai bentuk apresiasi saya terhadap tangan kreatif pada pendesain dan layouter yang telah memberi balutan indah pada buku-buku yang menjadi favorit saya tentunya.

Saat melihatnya di laman FB mbak Winna, kesan pertama saya adalah ‘Kesepian’. Dari penataan objek bangku kayu, tas, cardigan putih, dan payung menggambarkan sebuah perasaan yang saya artikan sebuah kesepian. Ada cerita dibalik itu semua. Warna pastel yang lembut menyiratkan cerita yang penuh dengan plot yang breathtaking. Membuat pembacanya hanyut, cover ini pun begitu. Aura yang dibiaskan mendukung atmosfer dalam cerita novel.

Lalu tentang pemilihan huruf dan penataan dalam buku. Saya salut sekali karena ada kejutan di dalamnya. Per bab memiliki ilustrasi gambar origami burung dan kupu-kupu. Menambah kesan sendu dalam novel ini. Font dan penataannya menarik, ada perbedaan jenis font yang tidak membuat jenuh kala membaca plot-plot yang selalu berubah sesuai dengan point of view yang dipakai penulis.

Cover ini cukup berhasil mendukung isi novel ditambah dengan pilihan kata di sampul belakang yang membuat orang ingin segera membaca novel ini.

PS: Saya bukan pakar desain-mendesain, saya hanya penikmat karya rupa yang berbentuk sampul buku. Sejak lama saya menyukai garapan yang dimiliki desainer-desainer dari penerbit GagasMedia. Sejak itulah, saya ingin sekali belajar desain. Tapi rasanya sulit yaah, dengan ini saya hanya ingin mengapresiasi karya-karya kakak-kakak semua. Untuk itu, mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan. Semoga dengan ini semakin banyak karya-karya yang semakin baik. Salute untuk kerja keras penulis dan desainer covernya.

Jika ada pepatah don't judge a book by its cover, saya pikir ulang... karena cover memberi kesan pertama pada pembaca, maka kesan pertama itu tidak boleh hancur atau berlalu tanpa ada kesan apapun. Jadi, hal penting untuk bisa menciptakan cover buku yang menarik. Keep working well! :D

Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar