Selasa, 17 Januari 2012

Review Cover Novel Refrain


Novel: Refrain: Saat Cinta Selalu Pulang
Penulis: Winna Efendi
Penata Letak: Wahyu Suwarni
Desain Sampul: Jeffri Fernando
Penerbit: GagasMedia

Well, ini cover novel akan saya review. Kalau biasanya reader mereview isi buku, saya ingin mereview cover/sampul dari novel dan buku-buku sebagai bentuk apresiasi saya terhadap tangan kreatif pada pendesain dan layouter yang telah memberi balutan indah pada buku-buku yang menjadi favorit saya tentunya.

Spesial. Ya, itu yang saya simpulkan setelah membaca novel ini. Seperti kebiasaan saya sebelum memilih buku, saya akan mencari cover yang paling menarik perhatian saya dulu. Jika itu menarik, saya mulai mencari apakah cerita di dalamnya juga menarik. Refrain memiliki keduanya. Review tentang novel ini bisa di baca di sini.
Untuk cover depannya. Ini lain dari cover novel manapun. Amplop biru yang ternyata mengandung sepucuk kertas bertuliskan It’s always been you itu spesial sekali. Lagi-lagi om Jeffri berhasil merangkum satu plot dalam covernya, amplop ini menceritakan surat cinta kaleng dari Nata untuk Niki itu kan? Benar-benar ide brilian untuk menjadikan ide tersebut sebagai konsep cover. Dan lata belakang yang menggambarkan kertas partitur lagu dengan not-not balok itu mendukung karakter Nata yang menjadi musisi. Seolah itu menggambarkan lagu-lagu yang Nata ciptakan. Dan cover ini sangat mendukung isi cerita yang penuh dengan dunia remaja. Dari segi font dan pemilihan warna berhasil mewakili dunia remaja yang ceria. Dan dari tata letak dalam buku, semuanya pas dan sesuai dengan mata pembaca. Hurufnya cocok dan mewakili genre buku ini. Salut pada karya ini.

PS: Saya bukan pakar desain-mendesain, saya hanya penikmat karya rupa yang berbentuk sampul buku. Sejak lama saya menyukai garapan yang dimiliki desainer-desainer dari penerbit GagasMedia. Sejak itulah, saya ingin sekali belajar desain. Tapi rasanya sulit yaah, dengan ini saya hanya ingin mengapresiasi karya-karya kakak-kakak semua. Untuk itu, mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan. Semoga dengan ini semakin banyak karya-karya yang semakin baik. Salute untuk kerja keras penulis dan desainer covernya.

Jika ada pepatah don't judge a book by its cover, saya pikir ulang... karena cover memberi kesan pertama pada pembaca, maka kesan pertama itu tidak boleh hancur atau berlalu tanpa ada kesan apapun. Jadi, hal penting untuk bisa menciptakan cover buku yang menarik. Keep working well! :D

Salam.

1 komentar:

  1. font yang dipake buat cover refrain ini namanya apa ya?:D

    BalasHapus