Sabtu, 21 Januari 2012

Review Novel Oppa & I

It's always exciting to come back for book reviewing again. And for the first time in 2012 I'd like to review this book. Ya, Oppa & I by Lia Indra Andriana and Orizuka. Well, every Kpoppers should have known both of the writers, right? They are two of writers in Indonesia who interest in Korean genre. Setelah membaca buku ini hanya dalam waktu kurang lebih 3-4 jam dengan segala jeda dan usikan dari luar, akhirnya inilah review dari saya. Well sebelumnya ini novel saya pinjam dari teman saya Riefa, hehehe maaf... karena belum punya budget untuk beli novel lagi setelah dirampok di toko buku kemaren, (loooh kok curhat?)



Oppa & I


Judul : Oppa & I
Penulis: Orizuka & Lia Indra Andriana
Penerbit: Penerbit Haru
Halaman: 156 hlm


Sinopsis

Jae In:

‘Oppa’.

Apa panggilan itu tidak terdengar lucu? Terutama setelah kau pergi meninggalkanku begitu saja lima tahun lalu?

Sekarang saat bertemu lagi, apa yang membuat senyummu selebar itu?

Apa kau senang melihatku seperti ini?

Jae Kwon:

Jae In-a.

Kau dulu menggemaskan, tetapi sekarang mengapa begini? Siapa yang membuatmu susah, katakan pada Oppa!

Oppa tak akan membiarkan siapapun menyakitimu!

Oppa akan melindungimu!


Novel ini bercerita tentang keluarga. Ya, tentang dua saudara kembar (Park Jae Kwon dan Park Jae In). Karena perceraian kedua orang tua mereka (Park Jae Bin dan Sandy, wanita asal Indonesia), mereka harus terpisah dengan jarak Jakarta-Korea. Singkatnya, Jae Kwon memiliki hidup enak dan nyaman di Korea sedangkan Jae In harus menderita di Jakarta karena setelah eomma mereka bercerai dengan appa, Sandy harus menerima kalau bank tempatnya bekerja bangkrut. Dan, suatu ketika entah bagaimana Jae Bin menemukan keluarganya dan mengajak Sandy, mantan istrinya untuk rujuk kembali. Namun apa? Mereka harus tinggal di Korea, membuat Jae In harus meninggalkan tempat yang selama 5 tahun dia tinggali.

Sesampainya di Korea, pastilah hal yang tidak ingin dia ketahui adalah kakak kembarnya, Jae Kwon. Entah apa yang bisa membuat anak laki-laki itu bisa tersenyum begitu lebar sedangkan Jae In merasakan sebuah pengkhianatan dari seorang kakak kembar yang selama 5 tahun tidak mempedulikannya.

Hingga mereka masuk sekolah yang sama...dan masalah pun dimulai di sini.


Persahabatan, cinta monyet dan Keluarga mewarnai novel ringan ini. Cocok untuk usia SMA terlebih yang masih unyu-unyu... Oppa & I memiliki kelebihan karena cerita yang dibangun lebih cenderung kepada permasalahan keluarga yang sering dikesampingkan oleh remaja-remaja sekarang. Dan tentunya lagi setting Korea dan budayanya membuat novel yang awalnya beredar online ini menarik begitu banyak perhatian di kalangan remaja yang sedang terkena virus Hallyu, virus Korean boyband dan girlband yang juga sukses membuat saya demam karena terkena jenis virus itu.

Satu lagi yang bikin betah bacanya. Selain bikin airmata tersedot-sedot, ceritanya bikin ngakak juga ternyata karena Jae Kwon yang kelewat konyol dan Jae In yang kelewat judes. Bahkan ada ilustrasi di akhir novel. Ampuuuun, aku gak bisa berhenti ketawa.. Hahahah..

Well, gak heran kalau novel ini bisa sukses! Daebaak! Untuk penulisnya, mbak Orizuka dan mbak Lia... Hmmm, aku kira Oppa & I bisa looh jadi trilogi atau bahkan tetralogi... siapa tahu ada penerbit di Korea yang mau nerjemahin jadi bahasa Korea dan eh, siapa sangka ada produser tertarik dan dijadiin film. Ahh..indahnyaa... Anyway, harus dibarengi dengan semangat dan usaha keras untuk bisa terwujud!

"Ia tidak suka ditinggalkan, jadi dia tidak ingin meninggalkan" -Jae In.

Quote yang aku suka dari ucapan Jae In, yaaa... sederhana kalau tidak ingin ditinggalkan jangan ninggalin orang gitu aja... :-)

Terimakasih untuk Oppa & I dari Riefa yang sudah meminjamkan aku buku-bukunya yang belum aku balikin. Dan, aku gak sabar nunggu buku baru dari mbak Orizuka dan mbak Lia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar