Sabtu, 15 April 2017

Six Degrees of Introduction With Exploreadme



 

...You've read the books
You've watched the shows
What's the best way no one knows, ye
Meditate, get hypnotized
Anything to take it from your mind
But it won't go...
You're doing all these things out of desperation
You're going through six degrees of separation...

Okay, okay, chill. Ini bukan postingan curhat selepas putus cinta, kok.
Belum kenalan kok udah mau pisah (yak, drama banget XD...)

Tapi, memang enggak ada yang lebih tepat untuk membuka posting ini selain sepenggal lirik lagu ‘Six Degrees of Separation’ milik The Script ini. Bukannya aku patah hati karena enggak dapet-dapet partner buat posting tema Berkenalan dengan BBI-ers Baru, bukaaan. Tapi lagu inilah yang pertama kali muncul saat aku hendak menulis hasil wawancara ala-ala-ku dengan salah satu BBI-ers. 1) Kalimat pertama lagu ini sudah nempel banget sejak pertama kali aku denger. Yap, karena ada kata ‘books’ di sana. 2) Lalu demi dalih efisiensi waktu, seolah semesta berkonspirasi, ternyata ada 6 pertanyaan resmi untuk sesi interview ini. Enggak nyambung? Jangan dipikirkan, sobat. 

FYI, Dunia Sofia (DS) baru pertama kalinya mewawancara, lho. Siapa sih sosok yang aku wawancara itu? Apakah vokalis grup band The Script? Daniel John O'donoghue? Dia BBI-ers angkatan berapa, ya, btw? LOL.

Okay, now Siriusly serious. Siapa sih tamu spesial itu? Sebelumnya, aku sudah mengenal tamu kita ini tapi di alam yang berbeda (hahaha). Bukan di dunia baca-membaca melainkan di alam tulis-menulis di platform Storial.Co. Jadi duluan mengenalnya dari tulisan-tulisannya. Dia adalah... *drumroll* Henny, pemilik blog buku Exploreadme Book Blog. Nah, selain itu dia juga salah satu punggawa genre science-fiction and thriller di Storial.Co (TKP pertama kita kenal), dia dikenal dengan karya-karyanya yang menantang logika dan keberanian seperti 'Custodivi Absconditum', 'Eidetiker' dan pernah menjuarai kompetisi cerpen science-fiction di Medium Serana24. Wah, seperti apa sih sosok BBI-ers bernomorkan 1603340 ini? Yuk yak yuk langsung aja...


1...
Q. Kenalan dulu yuk! Ceritain tentang kamu dan blog bukumu, dong.
Henny: Mungkin udah pada tahu: Henny - exploreadme book blog - BBI 1603340.  Blog ini lahir 13 Desember 2014. Tadinya blog ini ada di Blogspot tapi kemudian kupindahin ke Wordpress. Sempat jadi blog khusus buku nonfiksi, sekitar Maret-November 2016. Kemudian aku tobat karena view blogku kecil banget, jadilah blog ini kembali menjadi blog buku campuran.

Karena faktor kesibukan sekaligus kemalasan di waktu senggang (di waktu senggang aku malah lebih milih nulis, hahaha), aku belum pernah jadi bloghost giveaway, belum pernah jadi perwakilan BBI utk event, dan belum pernah gathering. Makanya ga terlalu dikenal. Tapi okelah, buatku jadi anggota saja cukup, LOL.

DS: Yupz. Aku setuju sekali dengan blog buku campuran. Di Indonesia masih sulit nyari rekomendasi buku nonfiksi yang readable and ramah pada pembaca fiksi (yang bahasanya mudah dicerna). Dengan adanya Exploreadme, referensi bacaanku makin warna-warni.

2...
Q. Sebagai blogger buku, kita semua pasti suka baca ya. Tapi apa saja nih yang paling kamu sukai dari kegiatan membaca? (Ngerobek segel plastik dan nyium aroma buku baru? Ceritakan, :D)
Henny: "Kegiatan" yang kusuka mah ini, aneh sih: Nemu kalimat menarik, lalu mencari2 post-it warna warni buat nandain halamannya. Lebih seneng lagi kalau saking banyaknya sampe bingung pas mau diketikkan ke blog. Wkwkwk.

Aku sih bukan penggemar aroma buku baru. Juga enggak merasakan apa pun saat merobek plastik (karena merobek plastik sering dibarengi ketakutan bahwa harga buku ini bakal ketahuan, LOL).

DS: Itu juga bagian kesukaanku, sekarang kalau baca pasti bawa post-it ke mana-mana. Hahaha.

3...
Q. Lalu... apa saja sih buku-buku favoritmu sepanjang masa?
Goodreads
Henny: Kalau sepanjang masa sih, dari nonfiksi ada:
‘How Music Got Free’: Buku ini ngasih insight paling mendasar soal "Kenapa 99% lagu yang beredar di masyarakat digital adalah versi bajakan?" Seru deh kayak thriller, padahal nonfiction.

Goodreads
Sementara kalau fiksi, sejauh ini favoritku masih ‘Master of The Game’ (Sidney Sheldon). Buku ini harusnya jadi trilogi, sih. Sukanya karena plotnya kompleks (pdhl aslinya ini cerita keluarga), dan latar yg pindah-pindah drastis (dan masing-masingnya detail bngt), dan ending-nya, tentu saja. Btw, dulu buku ini pun direkomendasikan teman, sih :))

DS: Wah, masukin ke wishlist ah judul-judulnyaaa.

4...
Q. Kamu paling hobi genre apa? Dan siapa penulis favoritmu dan mengapa?
Henny: Hobi sih masih di popular science (ini nonfiksi). Dulu sih gara-gara kerjaan (harus menyampaikan materi susah dalam bahasa manusia), tapi lama-lama keterusan juga suka genre ini.

Kalau dari fiksi, aku ga punya genre fav tertentu. Asal blurb-nya menarik ya pasti aku minat deh sama novel itu. Saking ngacaknya buku yang kubaca, jadi praktis ga punya penulis favorit. Aneh ya, tapi begitulah.

DS: Beneran deh, Exploreadme Book Blog bakal jadi blog pertama yang akan aku samperin kalau nyari buku nonfiksi. Hahaha.

5...
Q. Buku apa yang terakhir kali membuatmu sulit berhenti membacanya?
Goodreads
Henny: ‘The Time Keeper’ (Mitch Albom). Novel ini udah punya sejak Desember, tapi baru disentuh bulan Februari. Om Mitch ini bener-bener deh... Babnya pendek-pendek dan cliffhanger-nya ga nahan, selalu nongol di bab-bab pas akunya udah mulai ngantuk. Ya jadi ga ditaruh-taruhlah itu buku, alias dibaca terus ga berhenti. Hihihi.

DS: Bener banget. Buku pertama yang kubaca dari Mitch Albom itu The Time Keeper dalam versi Bahasa Inggris dan ebook dan memang bikin penasaran. Sampai aku lupa kalau aku enggak begitu suka baca lewat digital. 

6...
Jika kamu merekomendasikan buku-buku yang harus dibaca, apa saja itu?
Henny: Bacalah Historical Nonfiction (nonfiction, ya), misalnya buku perang, biografi, dsb. Buku-buku itu nambah pinter, hehehe.

DS: Yuhu! Betul banget apa lagi buat riset menulis. Nah ini menjelaskan banget kenapa tulisan-tulisan Henny selalu canggih dan cerdas. Oya, harapan kamu buat blog Exploreadme sama BBI apa, nih?

Henny: Buat Exploreadme: Aku masih termasuk malas ngurusin blog-ku. Kadang udah kelar baca buku, eh malas buat reviewnya. Hahaha. Semoga tambah rajin aja ke depannya. Buat BBI: Semoga tambah kompak ke depannya, terutama yang udah senior-senior - jangan sombong-sombong ya. Hihi

Yap... Yang mau lebih kenal sama Henny, kalian tinggal sapa dia di Exploreadme atau akun Twitternya @triskaidekaman. Terimakasih banyak buat Henny dan Exploreadme Book Blog sudah hadir di Dunia Sofia, sukses terus buat blogging dan menulisnya, yaaa. Aku juga ucapin terimakasih buat teman-teman BBI-ers yang sudah menyempatkan diri mampir dan komen di sini. Satu-satu aku akan blogwalking dengan kalian dan siapa tahu bisa aku wawancara meskipun bukan dalam event yang sama. Sekali lagi selamat ulang tahun buat BBI yang ke-6! Sukses untuk semua doa dan cita-cita BBI dan BBI-ers!

Lovely,
Dheril Sofia. 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar