Review Cover Eclair


Novel: Eclair: Pagi Terakhir di Rusia
Penulis: Prisca Primasari
Penata Letak: Dian Novitasari
Desain Sampul: Jeffri Fernando
Penerbit: GagasMedia

Well, ini cover novel akan saya review. Kalau biasanya reader mereview isi buku, saya ingin mereview cover/sampul dari novel dan buku-buku sebagai bentuk apresiasi saya terhadap tangan kreatif pada pendesain dan layouter yang telah memberi balutan indah pada buku-buku yang menjadi favorit saya tentunya.

Dimulai dari cover depannya yang membuat saya jatuh hati. Kesan bokeh pada backgroundnya yang menampakan cahaya yang berpendar membuat kesan yang sesuai dengan isi buku ini. Dari satu sisi sudah mendukung isi cerita. Lalu keranjang kue yang ada di atas rumpul hijau dan ilustrasi cabang kering pohon menambah kesan kuat yang menjelaskan apa yang Eclair ceritakan. Potret keranjang tersebut menggambarkan salah satu plot dimana tokoh di dalamnya mengadakan piknik di taman. Seperti yang diilustrasikan, piknik dengan kue eclair di atas rumput hijau. Dari cover depan yang sukses mengilustrasikan isi cerita, saya beri nilai delapan dari sepuluh. Dari cover belakang, sudah tidak perlu disinggung lagi. Penataan font dan pemilihan font yang dipakai sangat cocok dengan karakter novel yang memiliki aura romance ini.

Beralih dari penataan letak/ layouting isi novel. Saya terpukau saat membuka pertama kali novel ini. Di setiap chapter ada gambar-gambar bertema Rusia yang sangat mendukung isi cerita. Pemilihan font juga pas dan enak dibaca. Secara keseluruhan kemasan novel ini sesuai dengan nilai novelnya yang sangat bermakna. Cerita yang memang bagus dibungkus dengan sampul yang bagus pula. Sebuah paket yang syarat akan makna dan kreatifitas.

Pesan untuk desainer, penulis dan semua pihak yang telah turun tangan dalam penyusunan novel ini: Sebuah ketulusan akan terpancar dari keluaran yang kita buat. Tetaplah memberikan ketulusan itu pada cerita dan sampul yang om dan tante ciptakan, karena dari sanalah sebuah apresiasi akan menyemangati kita semua.

Nb: untuk mbak Prisca, saya review covernya dulu ya mbak. Maaf kalau bukunya belum sempat saya review. Karena sudah banyak yang review Eclair mbak. Regards.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

logophile • memorabilia of my adventure as a writer, a reader, a translator and a light seeker •

0 comments